Tutorial Codeigniter :Mengenal Konsep MVC (Model View Controller) Dan Codeigniter

Tutorial Codeigniter :Mengenal Konsep MVC (Model View Controller) Dan Codeigniter--Konsep MVC atau Model View Controller merupakan salah satu konsep yang cukup terkenal dan sangat banyak digunakan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web.Saat ini,sudah banyak framework yang menggunakan konsep MVC untuk memudahkan para programmer ataupun web developer dalam membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis web,salah satunya adalah framework Codeigniter.Konsep MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti bagian yang berfungsi manipulasi data,mengelola  user interface, dan bagian yang menjadi sistem kontrol aplikasi.
Konsep MVC (Model View Controller)

Model
Merupakan bagian yang berhubungan langsung dengan database untuk melakukan manipulasi data seperti insert, update, delete, search, menangani validasi dari bagian controller,tidak  berhubungan langsung dengan bagian view.
View
Bagian yang bertugas menangani masalah tampilan / user interface atau yang berinteraksi langsung dengan pengguna,seperti menampilkan halaman web,pesan kesalahan,menampilkan data.Bagian view tidak boleh berhubungan langsung dengan model/database,seperti melakukan load database pada halaman web tanpa melalui model.
Controller
Controller berfungsi mengatur hubungan antara model dengan view.Menangani request dan data dari pengguna,menentukan langkah /proses yang akan dilakukan oleh aplikasi sesuai permintaan user.
Mengenal Frawework Codeigniter
Codeigniter merupakan salah satu web application framework yang bersifat open source,sangat cocok digunakan untuk membangun web dinamis.Codeigniter memiliki banyak library yang akan sangat membantu programmer dalam mengembangkan web dinamis.Codeigniter dibangun dengan menerapkan konsep MVC.Penerapan konsep MVC pada framework,sangat membantu dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis web serta membuat waktu pengerjaan lebih cepat dibandingkan dengan harus memulai dari awal.Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP yang tidak jauh berbeda dengan yang Anda pelajari sebelumnya.
Kelebihan menggunakan framework Codeigniter
     - Mudah dipelajari
         Codeigniter cukup mudah dipelajari,sangat cocok untuk programmer yang biasa menggunakan php native dalam membangun aplikasi web.
     - Menghemat waktu pengerjaan
        Dikarenakan mempunyai library yang cukup banyak untuk mempercepat proses pengerjaan.
     - Mudah dalam mengembangkan aplikasi
       Dengan menerapkan konsep MVC,struktur kode yang dihasilkan lebih terstruktur,jelas,dan mudah   dipahami .
     - Banyak komunitas
      Codeigniter memiliki cukup banyak komunitas,sehingga Anda bisa saling berbagi tips,problem solving dengan sesama pengguna Codeigniter.
     - Aplikasi lebih cepat dan stabil.
       Framework Codeigniter memiliki kecepatan yang stabil,seperti proses fetching dan loading data.
Demikian postingan saya kali ini mengenai Tutorial Codeigniter : Mengenal Konsep MVC (Model View Controller) ,semoga bermanfaat.

0 komentar: