Apa Itu Blog?Bagaimana Cara Membuat Blog?

Apa Itu Blog?Bagaimana Cara Membuat Blog?—Blog merupakan salah satu jenis aplikasi web,yang dalam hal ini adalah  sebuah situs/website yang dapat diakses melalui internet dan biasanya dikelola /dimiliki secara pribadi.Umumnya blog dibuat untuk mempromosikan sebuah tulisan/artikel,ataupun sekedar berbagi cerita dengan pengguna orang-orang di dunia maya yang membahas satu atau beberapa topik misalnya kesehatan,bisnis,berita,teknologi dan sebagainya yang dibuat oleh penulis/penggiat blog biasanya disebut Blogger.


Saat ini,pengguna blog sangat berkembang  pesat,mulai dari blog gratis hingga blog berbayar/self hosted.Di Indonesia sendiri,pengguna blog cukup banyak,mulai dari remaja hingga orang tua pun cukup banyak yang memiliki blog.Blog cukup bagus untuk anda yang hobi sharing /berbagi cerita,pengalaman,ataupun untuk membuat sebuah catatan harian.Selain itu,blogging juga bisa melatih olah bahasa kita dalam menyampaikan sebuah infromasi/artikel,belajar bagaimana cara menggunakan bahasa yang baik dan benar,serta bagaimana kita membuat seseorang mengerti dengan tulisan yang kita buat.

Tujuan penggunaan blog?

Pada dasarnya,sesorang membuat blog yaitu untuk mempromosikan tulisan/artikel kepada pengguna internet,bisa berupa pengalaman,ide,ataupun catatan harian,yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa tersampaikan oleh si pembaca tulisan tersebut.Saat sekarang ini,blog bukan hanya digunakan untuk mempromosikan tulisan,namun blog juga digunakan sebagai ‘mata pencaharian’ oleh beberapa orang/blogger misalnya jasa publisher iklan.

Artikel Terkait : Tips Menghasilkan Uang Bermodalkan Blog

Sejarah Blog

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com,yang saat itu dimiliki oleh  Pyra Labs  ,sebelum akhirnya diakuisisi oleg Google pada akhir tahun 2002.Sejak saat itu,dibuatlah aplikasi-aplikasi yang diperuntukkan untuk pengembangan dan para blogger.Saat ini cukup banyak perusahaan teknologi yang menyediakan layanan pembuatan blog baik  gratis ataupun berbayar,seperti Blogger.com dan WordPress.com yang menyediakan layanan pembuatan blog secara gratis.

Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Blogger.com merupakan salah satu penyedia blog/CMS (Content Management System) gratis dari Google Inc. yang bisa anda gunakan untuk membuat blog secara gratis.Untuk membuat blog menggunakan blogger.com,cukup menggunakan akun  Google /Gmail.

1.Untuk membuat blog di Blogger,anda harus memiliki akun Google/Gmail terlebih dahulu,jika sudah punya,bisa melewati langkah ini.
2.Setelah membuat atau memiliki akun Google,kemudian login menggunakan akun Google milik anda.



3.Kemudian ketikkan  www.blogger.com pada url,ada 2 pilihan ,yaitu pembuatan Profil Google + (jejaring sosial milik Google) dan opsi Profil  Blogger.Pilih opsi Profil Blogger.




4.Selanjutnya membuat nama tampilan blogger(bukan nama/judul blog) anda,bisa menggunakan nama anda sendiri,kemudian klik Lanjut ke Blogger.


5.Pada langkah ini,klik Blog Baru karena kita akan membuat sebuah blog baru.
6.Sekarang masuk ke tahap terakhir pembuatan blog baru anda,pada langkah ini,anda diminta untuk memasukkan Judul blog anda (misalnya :Kumpulan Tutorial Blog ,Tips Android ),masukkan Alamat URL blog anda misalnya tutorialblogging.blogspot.com ,serta pilih salah satu template yang anda sukai.

Note :
Jika pada saat anda memasukkan alamat blog sesuai keinginan anda ,namun ternyata tidak tersedia,karena mungkin sudah ada blog lain yang memakai nama tersebut ,jadi solusinya anda harus menggantinya dengan alamat blog  lain yang tersedia,atau menggunakan domain khusus(domain TLD berbayar).
7.Gambar di bawah merupakan tampilan dashboard blog,anda bisa membuat post/artikel ,mengedit template dan lainnya yang bisa anda lakukan dengan blog anda.





Untuk melihat tampilan blog,klik Lihat blog pada sudut kanan atas dashboard,maka anda akan diarahkan ke blog anda.


Langkah selanjutnya setelah anda memiliki sebuah blog adalah anda bisa memulai dengan mendesain sesuai dengan selera anda,ataupun mulai menerbitka  tulisan anda dan jangan lupa,buatlah konten yang bermanfaat !.

Itulah postingan saya mengenai Apa Itu Blog?Bagaimana Cara Membuat Blog? semoga bermanfaat,terima kasih.

0 komentar: