Cara Mengatasi Lupa Pola/Password/PIN Di Android

Cara Mengatasi Lupa Pola/Password/PIN Di Android--Android memang memiliki fitur yang cukup lengkap ,salah satunya pada segi keamanan pengguna perangkat Android.Berbagai macam model dan jenis keamanan yang bisa digunakan pada perangkat Android untuk mengamankan privasi seseorang pada perangkat Android seperti pemasangan kode pengaman,berupa kata sandi/password,pola,deteksi wajah dan sebagainya.Namun pada kenyataannya,selalu ada orang yang berusaha untuk menggunakan perangkat Android tanpa seizin pemiliknya,seperti teman/kerabat terdekat anda yang mungkin ingin mengintip data pribadai pada perangkat Android anda,sehingga memasukkan pola/password sembarangan secara terus menerus hingga akhirnya system mendeteksi bahwa adanya percobaan peretasan kode pengaman pada perangkat Android.Dengan memasukkan kode pengaman  seperti pola,password dan PIN yang salah secara sembarangan secara terus menerus pada saat mencoba membuka pengaman perangkat Android mengakibatkan system akan melakukan lock atau penguncian akses dengan menggunakan kode pengaman sebelumnya.

Perangkat Android yang mengalami lock permanen oleh system Android ditandai dengan muncul pesan “Terlalu Banyak Percobaan Pola”,sehingga perangkat tidak dapat lagi di unlock menggunakan kode pengaman sebelumnya baik pola,PIN,dan password pun di karenakan pilihan untuk memasukkan kode pengaman sudah tidak tersedia lagi.

Cara membuka perangkat Android yang terkunci karena lupa pola,PIN atau password :


Cara 1 : Menggunakan Email /Akun Google


Untuk menggunakan cara ini,perangkat Android harus dalam keadaan terkoneksi dengan internet.Cara ini merupakan opsi pertama bisa anda lakukan apabila anda mengingat akun email dan password yang anda gunakan pada perangkat Android tersebut.

         - Pilih lupa/forgot pola/password

         - Masukkan Email /Username serta password akun email anda

         - Pilih Sign in.

Cara 2 : Melakukan Panggilan Dari Android Lain


Jika perangkat Android tidak terkoneksi dengan internet ataupun gagal login,lakukan cara dibawah untuk mengatasi hal tersebut.

-Pertama,lakukan panggilan dari perangkat Android lain ke perangkat Android yang terkunci tersebut.Kemudian jawab panggilan tersebut dan jangan tutup /akhiri panggilan .

-Tekan tombol home,kemudian pilih setting,lalu aktifkan paket data agar nantinya perangkat Android bisa login ke akun email /Google.Anda juga bisa menonaktifkan pengaman pada perangkat Android dengan cara masuk ke Setting > Security >Screen Lock.


Cara 3 : Melakukan Factory Reset / Reset Data


Cara ke 3 ini,merupakan cara terakhir yang dapat anda lakukan apabila anda tidak berhasil dengan cara sebelumnya.Namun perlu anda ketahui bahwa pada cara ini,data aplikasi dan akun anda akan terhapus dikarenakan system melakukan Factory Reset /reset data.

- Pertama,masuk ke mode CWM Recovery,untuk cara masuk ke mode CWM recovery pada perangkat Android biasanya berbeda-beda,seperti untuk perangkat Android Samsung,untuk masuk ke CWM Recovery mode,dengan cara menekan tombol power +home+volume atas.

-Jika telah masuk ke CWM Recovery mode,pilih Wipe Data/Factory Reset,Wipe Cache.


Tested : Jika dalam kasus anda lupa dengan akun email dan password anda,lakukan cara ke 2 di atas,kemudian buat akun Google yang baru,kemudian gunakan akun tersebut untuk Signin ke perangkat Android.

Sekian postingan saya pada kesempatan kali ini,tentang bagaimana Cara Mengatasi Lupa Pola/Password/PIN Di Android,Semoga bermanfaat.

0 komentar: