Tutorial Android Studio : Pengenalan Komponen Aplikasi Android

Tutorial Android Studio : Pengenalan Komponen Aplikasi Android —Perkembangan perangkat mobile seperti Smartphone cukup pesat bukan hanya pada perangkat nya saja,tetapi aplikasi dan game pun mengalami peningkatan baik kualitas maupun kuantitas.Hal tersebut terjadi dikarenakan saat ini sudah cukup banyak developer yang mengembangkan perangkat lunak Android untuk berbagai keperluan.


Untuk Anda yang baru ingin belajar dan mencoba bagaimana cara membuat aplikasi Android,bisa menggunakan salah satu aplikasi yang sangat populer dan banyak digunakan untuk membuat aplikasi Android,yaitu Android studio.Android Studio merupakan salah satu software/perangkat lunak yang dibuat oleh Google .Inc untuk membantu para developer yang ingin membuat atau mengembangkan aplikasi mobile berbasis Android.Android Studio dapat anda unduh secara gratis melalui situs resmi Android di https://developer.android.com .Untuk menggunakan Android Studio,Anda harus mempelajari atau menguasai bahasa pemrograman Java.

Komponen system aplikasi Android

Pada dasarnya,sebuah aplikasi Android berjalan dengan melibatkan komponen-komponen yang saling terintegrasi satu sama lain,seperti activity,service,intent,thread dll.

Activity

Sebuah activity,mewakili satu tampilan UI (User Interface),misalnya pada menu Setting di perangkat Android,terdapat submenu  WiFi,sound/Security,setiap submenu mewakili satu activity,jadi sebuah aplikasi terdapat satu atau lebih activity yang saling terhubung satu sama lain.Penggunaan jumlah activity tergantung bagaimana lingkup interaksi yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi.

Background Service

Berbeda dengan activity,service tidak memiliki UI atau tampilan untuk pengguna,melainkan sebuah komponen yang berjalan di belakang/background untuk melakukan proses tertentu seperti pada saat Anda menjalankan aplikasi pemutar musik,Anda juga bisa menulis pesan teks.Komponen inilah yang menangani bagian tersebut.

Broadcast Receivers

Broadcast Receivers,komponen yang menerima dan merespon broadcast announcement(siaran pemberitahuan).Broadcast receivers tidak menggunakan UI untuk menampilkan pemberitahuan,tetapi akan memulai sebuah activity untuk merespon pemeberitahuan yang diterima,misalnya menggunakan Notification Manager untuk memperingatkan pengguna pada saat baterai dalam kondisi lemah.

Content Providers

Content Providers,berfungsi sebagai komponen yang memungkinkan aplikasi lain untuk mengakses dan menyimpan data sesuai yang dikendalikannya.Misalnya Media Store,memungkinkan sharing file media seperti gambar dan video dari aplikasi lain ke penyimpanan/galery.

Fragments

Fragments merupakan bagian daru UI elements dan activity.Fragments bisa diibaratkan seperti sebuah bingkai foto,di mana kita bisa mengganti foto ,menambah foto dalam 1 bingkai.Contohnya bisa anda lihat pada aplikasi Contact ,di mana pada saat kita menekan kontak tertentu,akan menampilkan detail view dari kontak tersebut.

Resources

Komponen yang berfungsi untuk menampung file-file,seperti image,logo,musik,ataupun file-file string dan konstanta yang berhubungan dengan User Interface.

Intent

Intent,merupakan salah satu mekanisme untuk memulai aktivitas ataupun komunikasi antar komponen di dalam aplikasi/system Android.Misalnya,pada saat sebuah gambar /image di tekan lama pada galery,maka akan memeberikan opsi sharing via bluetooth,Email,dll.


Sebenarnya masih ada beberapa komponen yang belum dijelaskan di atas.Dikarenakan komponen yang di atas cukup penting untuk anda pahami terlebih dahulusebelum membuat sebuah aplikasi Android.Demikian postingan saya kali ini tentang Tutorial Android Studio : Pengenalan Komponen Aplikasi Android ,sebagai awal pembelajaran Android Studio untuk pemula.

0 komentar: