Apa Itu SEO? Mengenal Lebih Jauh Tentang SEO

Apa Itu SEO? Mengenal Lebih Jauh Tentang SEO--Mungkin bagi  seorang Blogger pemula yang masing asing mendengar kata SEO atau mungkin sering menemukan artikel tentang SEO saat mengunjungi sebuah blog atau website.SEO atau Search Engine Optimation merupakan sebuah cara atau langkah-langkah dalam mengoptimasi sebuah situs agar menempati peringkat tertinggi atau halaman pertama di search engine atau mesin pencari.Jadi jangan heran jika anda memiliki sebuah blog,dengan konten yang cukup banyak serta umur blog yang sudah cukup lama namun anda belum memilik trafik pengunjung yang stabil dan  banyak,jika anda mengalami hal tersebut,mungkin anda jarang atau sama sekali tidak pernah mengoptimalisasi website/blog anda.

Apa Itu SEO?

Mengapa harus mempelajari SEO ?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah SEO,muncul beberapa pertanyaan,salah satunya,mengapa kita harus mempelajari SEO?.

SEO dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimasi situs agar menempati posisi tertinggi atau paling tidak muncul di halaman pertama mesin pencari.Dengan belajar SEO,kita dapat menempatkan situs web ataupun blog tersebut di halaman pertama,peluang mendapatkan banyak trafik pengunjung sangat besar.Tak sedikit,diantara para blogger yang menjadika jasa SEO menjadi pekerjaan sampingan mereka.Bermodalkan komputer/laptop serta kemampuan dan pengetahuan yang mereka miliki tetang seluk beluk SEO.

Bagaimana cara melakukannya ?

Jika anda sudah paham tujuan utama mengapa SEO harus dilakukan,kini saatnya kita memulai langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar situs web atau blog kita dapat menempati posisi tertinggi atau minimal muncuk di halaman pertama mesin pencari.Dalam mengotimalisasi blog menggunakan teknik atau metode SEO,secara umum dikenal dua macam SEO yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO On Page


SEO On Page adalah salah satu jenis SEO dengan cara mengoptimasi dari dalam halaman situs itu sendiri.SEO On Page merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mengoptimalisasi sebuah situs web.

Cara melakukan SEO On Page yaitu dengan memperhatikan elemen-elemen pada halaman website,diantaranya :

- Judul Halaman Atau Artikel

- Keyword/Kata Kunci

- Konten Berkualitas

- Domain /URL

- Internal Link

- Image Title/Alt Tag

- Meta Tags

- Page Loading

SEO Off Page


SEO Off Page merupakan kebalikan dari SEO On Page,yaitu cara mengoptimalisasi blog dari luar menggunakan beberapa cara seperti melakukan backlinks dan bookmark.Dengan kata lain metode SEO Off Page melakukan optimasi dengan cara promosi dengan cara yang bermacam macam,mulai dari berkomentar di blog/tulisan orang lain,promosi ke forum dan media sosial.

Langkah optimasi SEO Off Page bisa dilakukan dengan cara:

- Blogwalking /Backlinks ( berkomentar di tulisan orang lain dan menyertakan link ke website anda)

- Promosi ke Social Media ( Facebook, Twitter,Google+, Youtube dan lainnya)

- Promosi menggunakan iklan dan memasangnya di website/blog orang lain

- Social Bookmark(Diigo.com,Folkd.com, dan lain-lain)

- Berinteraksi dan promosi ke forum diskusi (Kaskus,Forum Detik,dan yang lainnya).

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalisasi website atau blog anda,baik dengan metode SEO On Page ataupun SEO Off Page.Kedua metode tersebut bisa digunakan ,namun saya sarankan untuk menggunakan metode SEO On Page terlebih dahulu sebelum anda mempromosikan website/blog anda menggunakan metode SEO Off Page.

Sekian postingan saya kali ini,mengenai Apa Itu SEO?,semoga bermanfaat,terima kasih.

0 komentar: